« Artikel Bab 17
Soal dan Jawaban Bab 17 »


Dec
13

Rangkuman Bab 17

Posted by nurulchotimahputri in Rangkuman Bab 17

RANGKUMAN BAB 17

MEMAHAMI INFORMASI KEUANGAN DAN AKUNTANSI

Akuntansi adalah pencatatan, pengklasifikasian, peringkasan dan penginterpretasikan segala kejadian dan transaksi keuangan untuk memberikan informasi kepada manajemen dari pihak berkepentingan lain yang membutuhkan sebagai dasar untuk mengambil keputusan.

Akuntansi manajerial (managerial accountin ) digunakan untuk menyediakan informasi dan analisis bagi para manajer di dalam organisasi untuk membantu mereka dalam membuat keputusan.

Certified management accountant (CMA) seorang profesional akuntan yang telah menempuh persyaratan edukasi dan pengalaman tertentu, lulus ujian klasifikasi di bidang tersebut, dan telah disertifikasi oleh institute of certified management accountants.

Akuntansi keuangan (financial accounting) adalah informasi dan analisis akuntansi yang ditujukan bagi pihak – pihak di luar organisasi.

Laporan tahunan adalah suatu laporan setiap tahun mengenai kondisi keuangan, kinerja, dan harapan – harapan organisasi.

Akuntan swasta adalah seorang akuntan yang bekerja untuk satu perusahaan, agen, pemerintahan, atau organisasi nirlaba tertentu.

Akuntan public adalah seorang akuntan yang menyediakan jasa akuntansi kepada individu atau bisnis atas dasar komisi.

Certified public accountant (CPA) adalah seorang akuntan yang telah lulus serangkaian ujian yang diselenggarakan oleh American Institute of Certified Public Accountants.

Certified internal auditor (CIA) adalah seorang akuntan yang memiliki gelar sarjana dan dua tahun pengalaman di auditing internal, dan yang telah lulus suatu ujian yang diselenggarakan oleh institute of internal auditors

Audit independen adalah suatu evaluasi dan opini yang netral mengenai kekuratan laporan keuangan perusahaan

Akuntan pajak adalah seorang akuntan yang diberikan pelatihan mengenai hukum pajak dan bertanggung jawab untuk mempersiapkan SPT pajak atau mengembangkan strategi pajak.

Akuntansi pemerintah dan nirlaba adalah sistem akuntansi bagi organisasi yang tidak berorientasi laba tetapi melayani ratepayers, pembayar pajak, dan lainnya sesuai dengan anggaran dasar yang disetujui.

Persamaan akuntansi dasar yaitu aset = keajiban+ekuitas pemilik, hal ini merupakan dasar bagi neraca

Neraca adalah laporan keuangan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan pada satu waktu tertentu

Aset adalah sumber daya ekonomis (barang bernilai) yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Likuiditas adalah seberapa cepat suatu aset dapat dikonversi menjadi kas.

Aset lancar adalah barang – barang yang dapat atau akan dikonversi menjadi kas dalam kurun waktu satu tahun.

Aset tetap adalah aset yang relative permanen, seperti tanah, gedung dan peralatan.

Aset tak berwujud adalah aset jangka panjang (misalnya paten,merek dagang, hak cipta) yang tidak memiliki bentuk fisik , tetapi memili nilai

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang menunjukan laba perusahaan setelah biaya, beban, dan pajak; laporan ini meringkas semua sumber daya yang masuk ke perusahaan (pendapatan), semua sumber daya yang digunakan, dan hasil laba bersih.
Laba bersih atau rugi bersih adalah pendapatan yang tersisa setelah semua biaya dan beban, termasuk pajak dibayarkan.

Pendapatan adalah nilai yang diterima untuk barang yang terjual, jasa yang disediakan, dan sumber keuangan lainnya.

Harga pokok penjualan adalah pengukuran biaya persediaan terjual atau biaya bahan baku dan pasokan yang digunakan untuk memproduksi barang untuk dijual lagi.
Laba kotor adalah seberapa besar yang diperoleh suatu perusahaan dengan membeli (atau membuat) dan menjual barang.

Leave a Reply

Comment